General

Inilah 8 Jamu Tradisional yang Kaya Manfaat

jamu tradisional yang kaya akan manfaat

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, selain mengatur pola makan dan berolahraga adalah minum jamu. Minuman tersebut dibuat dari bahan-bahan alami, kayak akar-akaran, dedaunan dan sejenisnya. Tapi, sebetulnya rasa jamu yang pahit sebanding dengan khasiat yang kita dapatkan, kok. Ada beberapa jamu tradisional yang kaya akan manfaat yang mesti kamu coba. Harus bisa tahan rasa pahitnya, ya!

Jamu Tradisional yang Punya Banyak Manfaat

Jamu adalah minuman herbal khas Nusantara. Minuman ini terdiri atas berbagai macam tanaman herbal serta rempah pilihan. Khasiat jamu nggak kalah dari obat-obatan yang ada di apotek, loh! Beberapa jamu bahkan sangat baik bila dikonsumsi secara rutin, terutama untuk meningkatkan kebugaran. Di antaranya:

1.     Beras Kencur

Palingan kamu udah nggak asing lagi dengan jamu ini, bukan? Biasanya jamu yang terbuat dari campuran ekstrak kencur, beras, jahe, asam jawa dan gula kelapa tersebut dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa. Gunanya, yaitu untuk meningkatkan nafsu makan serta meredakan masuk angin, flu, perut kembung, mual dan nyeri badan. Cocok, nih, buat anak-anak yang suka rewel tiap disuruh makan.

Selain itu, kandungan antioksidan pada kencur bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Rasanya yang manis lagi segar bisa bikin badanmu kembali bugar bila dikonsumsi saat kamu sedang lelah.

2.     Kunyit Asam

Jamu tradisional yang kaya manfaat ini kerap diincar kaum hawa ketika sedang haid. Sebab, berguna banget untuk melancarkan siklus menstruasi dan mengatasi rasa nyeri atau kram yang sering muncul saat ‘ia’ datang. Di samping itu, kunyit yang telah dicampur dengan asam punya kandungan penawar racun dan membantu proses detoksifikasi.

Manfaat jamu kunyit asam yang lain, yaitu mengatasi pegal-pegal akibat bekerja seharian, membakar lemak, mengurangi kadar gula dalam darah dan membuat kulitmu jauh lebih sehat. Hal ini dikarekan adanya kandungan vitamin C dan antioksidan yang bikin kulit kamu lebih cerah serta terlindungi.

3.     Temulawak

Rempah-rempah yang punya nama latin Curcuma xanthorrhiza ini amat populer di negara kita. Dari dulu, ia sudah dijadikan bahan baku obat tradisional. Ada pun beberapa manfaat dari jamu temulawak adalah menambah nafsu makan, mengatasi kram perut ketika menstruasi, meredakan gangguan pencernaan, menyembuhkan masuk angin, mengatasi radang sendi, mempengaruhi metabolisme lemak serta membantu pengobatan kanker.

4.     Brotowali

Sama halnya dengan temulawak, brotowali telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional selama bertahun-tahun oleh masyarakat Indonesia untuk mengatasi berbagai penyakit, beberapa di antaranya diabetes, hipertensi serta alergi.

Hal tersebut dikarenakan brotowali kaya akan kandungan senyawa fitokimia, seperti alkaloid, flavonoid dan lain-lain yang mampu memproteksi tubuh dari serangan penyakit. Ramuan tanaman asal India itu juga dipercaya bisa bikin tubuhmu lebih bugar.

5.     Jamu Gepyokan

Dikenal pula dengan jamu uyup-uyup, ramuan tradisional ini dipercaya mampu melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui. Sehingga, dapat menunjang pertumbuhan dedek bayi. Jamu gepyokan sendiri terbuat dari campuran empon-emponan atau akar-akaran, kayak kunyit, kencur, jahe, lengkuas, cabe puyang, bangle dan daun katuk. Selain bikin ASI jadi deras, jamu gepyokan juga bisa menambah stamina dan mengatasi masalah pencernaan serta masuk angin.

6.     Jamu Sinom

Ramuan tradisional ini terbuat dari campiran asam jawa, sinom alias daun asam muda, gula dan kunyit. Sama dengan kunyit asam, jamu sinom berkhasiat untuk meredakan rasa nyeri yang muncul ketika menstruasi. Selain itu, jamu yang telah dihidangkan sejak jaman kerajaan Majapahit tersebut bisa membantu mengatasi keputihan, melancarkan buang air besar dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

7.     Jamu Paitan

Sesuai namanya, jamu ini punya rasa yang pahit. Tapi, di balik itu semua, jamu paitan atau pahitan punya segudang manfaat bagi kesehatan, loh! Jamu yang terbuat dari tanaman sambiloto ini mampu meredakan perut kembung dan sembelit, mengendalikan kadar gula darah, sehingga baik untuk penderita diabetes serta menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, jamu tradisional yang kaya manfaat tersebut juga bisa membersihkan darah kotor dalam tubuh. Sehingga, memiliki efek yang positif terhadap kesehatan kulit wajahmu.

8.     Jamu Cabe Puyang

Disebut pula dengan jamu pegal linu. Jamu ini khasiatnya buat ngatasin kesemutan dan pegal-pegal akibat kelelahan atau sakit pinggang. Jamu tersebut dibuat dari campuran cabe jamu, rimpang lempuyang dan beberapa rempah lainnya, seperti adas, pulosari, biji kedawung, rimpang kunir, keningar serta asam kawak. Di samping khasiat yang telah disebutkan, jamu cabe puyang juga mampu meredakan demam dan menambah darah merah, sehingga cocok diminum bagi penderita anemia.

Minum jamu tradisional yang kaya manfaat di atas bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Namun, supaya efeknya lebih maksimal, jangan lupa mengatur pola makan dan berolahraga secara rutin, ya! Jangan cuma ngandelin jamu aja!