I Cholesterol » February 6, 2020

Daily Archives: February 6, 2020

General

Efek Berhenti Minum Alkohol yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh!

Published by:

Punya kebiasaan minum alkohol, bahkan udah sampai di tahap kecanduan? Padahal, kamu tahu resikonya, kan? Selain memicu sensasi memabukkan, bila dikonsumsi secara terus-menerus bisa merusak tubuh, loh. Mulai kurang-kurangin, deh. Awalnya memang susah, tapi sepadan dengan efek berhenti minum alkohol yang bakal kamu dapatkan.

Efek yang Dirasakan Tubuh Setelah Berhenti Minum Alkohol

Kebiasaanmu minum alkohol harus dihentikan sekarang juga karena minuman tersebut dapat memicu berbagai masalah kesehatan, mulai dari infeksi paru-paru, kerusakan organ-organ tubuh, seperti hati, ginjal dan pankreas, diabetes serta penyakit kardiovaskular.

Menurut sebuah penelitian, alkohol jadi penyebab utama munculnya beragam penyakit dan kematian pada pria maupun wanita di seluruh dunia yang berusia antara 15-49 tahun pada 2016 lalu. Tercatat ada 2,8 juta kasus kematian yang disebabkan oleh alkohol pada tahun tersebut. Mengerikan, bukan?

Jika kamu masih ragu untuk berhenti, mungkin daftar perubahan yang dirasakan oleh tubuh setelah lepas dari alkohol ini bisa membuatmu semakin yakin:

1. Merasa “Lapar” Akan Gula

Saat baru mulai berhenti mengonsumsi alkohol, tubuhmu bakal merasa “lapar” akan makanan yang manis-manis. Ini disebabkan karena alkohol merupakan minuman yang mengandung gula. Nah, gula sendiri bisa meningkatkan kadar dopamin, hormon yang memicu rasa senang pada otak. Hal tersebut membuat banyak orang yang nggak kuat dan akhirnya minum alkohol lagi.

Seorang ahli di bidang obat-obatan memberi efek kecanduan asal Los Angeles, Damon Raskin, MD, menyarankan untuk mengonsumsi minuman manis, tapi tidak mengandung alkohol pada mereka yang kesulitan mengatasi hal itu.

2. Tidurmu Jadi Lebih Nyenyak

Dilansir dari jurnal Alcoholism: Clinical & Experimental Research, mengonsumsi alkohol sebelum tidur bisa meningkatkan pola gelombang alfa pada otak, semacam aktifitas otak yang terjadi saat kamu nggak sepenuhnya tidur. Hal itu mengakibatkan tidurmu jadi terganggu.

Dengan menghentikan kebiasaan minum alkohol, kamu dapat memperoleh kualitas tidur yang lebih baik. Besoknya pun bisa bangun dengan badan yang ringan dan pikiran yang segar. Berhenti menenggak alkohol juga membantumu menaikkan suasana hati, kinerja mental dankonsentrasi.

3. Perlahan Berat Badan Jadi Lebih Ideal

Meskipun kelihatannya ringan, ternyata alkohol mengandung kalori yang tinggi, loh! Segelas bir dan anggur, misalnya, masing-masing memiliki 120-150 kalori. Pria, menurut American Journal of Epidemiology, menunjukkan bahwa pria mendapatkan kalori tambahan sebanyak 433 kalori per harinya akibat mengonsumsi alkohol. Sementara pada wanita jumlahnya lebih sedikit, yakni 300 kalori. Itu aja dalam jumlah sedang, loh, gimana yang berlebihan?

Nah, jika kamu berhenti minum alkohol, jumlah kalori tambahan tadi bisa dipangkas, dengan catatan kamu nggak makan makanan yang tinggi gula, ya. Dengan demikian, mempunyai berat badan nan ideal dalam waktu singkat bukanlah hal yang mustahil.

Profesor Moore, melalui laman webMD, bahkan menyampaikan bahwa berhenti minum alkohol bisa mengurangi berat badan hingga 1-2 kg tanpa melakukan olahraga atau diet khusus. Di samping itu, alkohol punya efek dapat menambah nafsu makan dan bikin tubuhmu kurang bisa menahan lapar serta jadi lebih impulsif. Jadi, kalo kamu menjauhinya, hal-hal tersebut bisa diatasi.

4. Porsi Makan Jadi Lebih Sedikit

Pada poin sebelumnya disebutkan bahwa alkohol bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Nah, hal itu diyakini karena efeknya yang mampu mengurangi kesadaran seseorang. Sehingga, meski perut telah terisi penuh, hasrat untuk makan tetap jalan.

Menurut penelitian, orang yang menerima “infus” alkohol nafsu makannya bakal meningkat hingga 30%, nggak stabil kayak mereka yang nggak menerima “infus”-nya sama sekali. Selain itu, mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan aktifitas otak di hipotalamus, bagian dari otak yang salah satu fungsinya ialah mengendalikan rasa lapar.

5. Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat

Efek berhenti minum alkohol berikutnya adalah mengembalikan kekuatan sistem kekebalan tubuh kamu. Alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan akan membuat daya tahan tubuh serta kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri menjadi tumpul. Bahkan, segelas alkohol saja bisa melemahkan sistem imunitas tubuh kamu hingga seharian penuh, loh! Oleh karenanya, hindari minuman tersebut agar tubuh lebih sehat dan jauh dari segala penyakit.

6. Organ-organ Tubuh Jadi Lebih Sehat

Meminum alkohol bisa menyebabkan tekanan darahmu naik, yang bisa berujung pada serangan jantung. Dengan mengurangi atau menjauhinya, jantungmu bisa terselamatkan dari gangguan tersebut. Selain itu, berhenti minum alkohol juga dapat membuat organ hatimu lebih sehat.

Walau sebetulnya hati mampu mengatasi kerusakan secara mandiri, bila terlalu sering “dicekoki” alkohol tetap saja akan membuat jaringan-jaringan di dalamnya mati. Nah, dengan men-stop minum alkohol, bakal memaksimalkan fungsi organ hati sebagai penetral racun dalam tubuh.

Mengubah kebiasaan, dari yang awalnya buruk jadi baik terkadang emang susah dan banyak godaan yang ikut muncul. Sama halnya saat kamu berniat untuk lepas dari alkohol. Dengan mengetahui efek berhenti minum alkohol di atas, mungkin kamu bakal berubah pikiran dan membulatkan tekad untuk menjauhi minuman “beracun” itu. Semangat! Kamu pasti bisa!